Ukhwah Dengan Satu Syarat Saja!

{إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ} (الحجرات: ١٠).

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu (yang bertikai) itu dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat” [QS. Al Hujurat:10].

Syarat terjalinnya ukhuwah islamiyah dari Allah itu hanya SATU saja: IMAN! Akan tetapi tak sedikit kaum muslimin yang justru menambahkan banyak syarat lain lagi yang bermacam ragam. Seperti misalnya harus semadzhablah, harus sekelompoklah, harus seormaslah, harus seorpollah, harus sejamaahlah, harus sepergerakanlah, dan lain sebagainya.

Makanya, gegara itu, ikatan ukhuwah islamiyahpun teramat sulit sekali bisa terjalin antar sesama umat Islam lintas madzhab, lintas kelompok, lintas ormas, lintas orpol, lintas jamaah, lintas pergerakan dakwah, dan lintas-lintas yang lain lagi.

Padahal semuanya juga berpedoman dan berkomitmen dengan enam rukun iman dan lima rukun Islam yang sama, alias tidak ada yang beda sama sekali!

Jadi, marilah ingatkan dan ajak selalu kaum muslimin agar sama-sama kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah dalam berukhuwah islamiyah dengan cukup satu saja syaratnya yang dari Allah, yakni: IMAN, dan tidak lagi menambah-nambah syarat apapun selainnya. Karena menambah-nambah begitu itu nama dan hukumnya adalah BID’AH!!!

Tinggalkan komentar

Filed under Tazkiyah dan Akhlak

Berbagi Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s